UDiNus Repository

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang Memiliki NPWP pada Kabupaten Demak

YUDHA, SWANDANI HENDIAN (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang Memiliki NPWP pada Kabupaten Demak. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3765b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, dan tingkat kepercayaan terhadap sistem hukum dan pemerintahan terhadap kepatuhan membayar pajak UMKM di Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM kategori orang pribadi yang memiliki usaha bebas yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Demak. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan accidental sampling, sehingga diperoleh 93 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, dan tingkat kepercayaan terhadap sistem hukum dan pemerintahan secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak UMKM di Kabupaten Demak. Bagi Kantor Pelayanan Pajak hendaknya melakukan sosialisasi Peraturan Pemerintahan Nomor 46 Tahun 2013 yang telah intensif kepada masyarakat terutama pemilik UMKM agar mampu mendorong pemilik UMKM untuk membayar pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17982

    Actions (login required)

    View Item