UDiNus Repository

Analisis Pengaruh CR, DER, TAT, ROA dan PER terhadap Return Saham pada Perusahaan Pertambangan (Studi pada Perusahaan Batubara yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2013)

DYAH, WULANDARI SEPTI (2016) Analisis Pengaruh CR, DER, TAT, ROA dan PER terhadap Return Saham pada Perusahaan Pertambangan (Studi pada Perusahaan Batubara yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2009-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3885b) | Preview

    Abstract

    Return saham adalah tingkat keuntungan yang dinikmati oleh pemodal atas suatu investasi saham yang dilakukan. Semakin tinggi harga saham suatu perusahaan, maka return saham perusahaan tersebut juga akan meningkat. Dengan tingginya return saham suatu perusahaan, maka akan banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya diperusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TAT), Return on Asset (ROA), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan batubara yang listing di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapat 12 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara individu (parsial) CR, DER, TAT, ROA tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham. PER memiliki pengaruh positif signifikan terhadap return saham. Sedangkan secara simultan dengan taraf signifikansi 5%, variabel CR, DER, TAT, ROA dan PER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Variabel CR, DER, TAT, ROA dan PER dapat menjelaskan return saham sebesar 30,7%.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17985

    Actions (login required)

    View Item