UDiNus Repository

Pengaruh Kualitas Audit, Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba

TENTRI, HAPSARI (2016) Pengaruh Kualitas Audit, Mekanisme Good Corporate Governance, Independensi Auditor, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3429b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas audit, mekanisme good corporate governance (kepemilikan institusional, komite audit, dan komisaris independen), independensi auditor, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Sampel penelitian ini adalah 29 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2011 sampai 2014. Model penelitian yang digunakan adalah Modified Jones Model dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas audit, mekanisme good corporate governance (kepemilikan institusional, komite audit, dan komisaris independen), independensi auditor, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17990

    Actions (login required)

    View Item