UDiNus Repository

Analisa Penyimpanan Persediaan Cat Tembok - Powder Coating di Gudang guna Meningkatkan Efektivitas Sistem Pengendalian Intern PT. Nusa Sarana Indonesia Cabang Semarang

CINDY, TANUJAYA NOVITA (2016) Analisa Penyimpanan Persediaan Cat Tembok - Powder Coating di Gudang guna Meningkatkan Efektivitas Sistem Pengendalian Intern PT. Nusa Sarana Indonesia Cabang Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Persediaan mempunyai peran andil paling besar dalam kegiatan operasional perusahaan distribusi, karena dengan adanya persediaan, perusahaan menginvestasikan sebagian besar modalnya untuk membeli persediaan tersebut yang nantinya akan diubah menjadi kas setelah melalui proses penjualan. Persediaan yang disimpan di gudang rentan mengalami risiko seperti kerusakan, usang dan hilang. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengendalian yang akan menjamin keamanan persediaan perusahaan, mengecek ketelitian pencatatan persediaan yang ada serta mewujudkan efisiensi pengelolaan persediaan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Objek penelitian adalah PT. Nusa Sarana Indonesia cabang Semarang. Perusahaan ini terletak di Jalan Kareng Asem IV nomor 1 Raden Patah Semarang. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh dari pengamatan dan observasi langsung dengan objek penelitian. Yang kedua data sekunder yang diperoleh dari data berupa dokumen, formulir, gambar struktur organisasi dan buku perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Dari hasil pembahasan dan pengamatan langsung yang dilakukan dapat diketahui bahwa PT. Nusa Sarana Indonesia cabang Semarang merupakan distributor cat yang kegiatan utamanya melakukan pemesanan barang ke perusaahaan pusat di Bandung dan menjualnya lagi ke pedagang kecil dan eceran. Sistem pengendalian intern atas persedian yang berkaitan dengan unsur pengendalian yang ada pada perusahaan, terlihat dari struktur organisasi yang kurang karena masih ada rangkap tugas bagian administrasi dan bagian gudang. Sistem otorisasi terjadi pada saat pengeluaran dan pemesanan barang. Pemantauan dan stock opname juga rutin dilakukan sebagai praktik yang sehat serta dokumen yang digunakan sudah bernomor uurt tercetak namun masih belum lengkap. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengendalian itern atas persediaan guna meminimalisasi risiko yang mungkin terjadi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17999

    Actions (login required)

    View Item