UDiNus Repository

Persepsi Manajer Tentang Pengaruh Informasi Akuntansi, Ketidakpastian Lingkungan dan Kepribadian Wirausaha terhadap Kinerja (Studi Empiris pada Manajer PT Askrindo Kanwil Semarang dan Yogyakarta)

LIA, NURMALITASARI (2016) Persepsi Manajer Tentang Pengaruh Informasi Akuntansi, Ketidakpastian Lingkungan dan Kepribadian Wirausaha terhadap Kinerja (Studi Empiris pada Manajer PT Askrindo Kanwil Semarang dan Yogyakarta). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3971b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh informasi akuntansi, ketidakpastian lingkungan dan kepribadian wirausaha terhadap kinerja manajerial. Pengumpulan data penelitian dengan metode sensus melalui penyebaran kuesioner dengan sampel 33 manajer PT Askrindo Kanwil Semarang dan Yogyakarta. Analisis hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi akuntansi maupun ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap kinerja manajer. PT Askrindo memberikan insentif kepada para manajer atas pencapaian pendapatan underwriting yang menjadi motivasi untuk selalu berusaha meningkatkan kinerja. Selain itu koordinasi antar manajer divisi di PT Askrindo membantu manajer mengambil keputusan dan tindakan adaptasi saat pertumbuhan kredit perbankan rendah sehingga kinerja manajer dapat meningkat. Sedangkan kepribadian wirausaha tidak berpengaruh terhadap kinerja manajer karena lingkungan kepribadian karyawan PT Askrindo kurang aktif memberi ide kepada manajer dalam memecahkan masalah. Hasil penelitian ini menjadi masukan bagi manajer PT Askrindo untuk selalu mempertimbangkan aspek kontijensi di PT Askrindo seperti pertumbuhan kredit perbankan rendah dan kebijakan kredit usaha rakyat serta lingkungan kepribadian wirausaha di PT Askrindo sehingga kinerja manajer meningkat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18011

    Actions (login required)

    View Item