UDiNus Repository

Evaluasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Job Order Costing pada CV. Griya Serasi Produktama atau Gram Pariwara.

TRIXY, RACHMAWATI AYU (2016) Evaluasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Job Order Costing pada CV. Griya Serasi Produktama atau Gram Pariwara. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3892b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga pokok produksi neonbox secara tepat dan akurat. Perhitungan dilakukan dengan cara menghitung total biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses produksi neonbox di Gram Pariwara. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data atau informasi yang diberikan oleh perusahaan dalam bentuk angka yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini dihitung berdasarkan metode job order costing dan kemudian membandingkan hasil perhitungannya dengan perhitungan yang digunakan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya selisih perhitungan harga pokok produksi sebesar Rp 286.635,31 dimana perhitungan harga pokok produksi menggunakan job order costing lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan perusahaan. Selisih terdapat pada biaya bahan baku tidak langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead. Perhitungan harga pokok produksi sangat penting untuk diperhatikan karena sangat berdampak pada informasi biaya yang dihasilkan, apabila hasil perhitungan kurang akurat dapat mempengaruhi pencapaian tingkat laba usaha.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18013

    Actions (login required)

    View Item