UDiNus Repository

Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi

HANDINI, HAPSARI TRI (2016) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3959b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai variabel pemoderasi. Variabel yang digunakan ROA, CSR, dan kepemilikan manajerial. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksi dengan nilai Tobins Q. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu 15 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2009-2013. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data diuji menggunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian dengan analisis regresi linier menunjukkan bahwa ROA berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (t hitung = -3,828 ; sig = 0,000). Sedangkan analisis variabel moderating dengan pengungkapan CSR menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara ROA terhadap nilai perusahaan (t hitung = -0,872 ; sig = 0,386). Kepemilikan manajerial juga bukan merupakan variabel moderating yang mampu memoderasi hubungan antara ROA terhadap nilai perusahaan (t hitung = 0,464 ; sig = 0,644). Selanjutnya secara simultan variabel ROA, interaksi antara ROA dengan CSR, dan interaksi antara ROA dengan Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (f hitung = 5,399 ; sig = 0,000).

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18026

    Actions (login required)

    View Item