UDiNus Repository

Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Setelah Merger dan Akuisisi (Pada Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2008-2014)

ERNA, SILVIANA CIYA (2016) Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Setelah Merger dan Akuisisi (Pada Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2008-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Merger merupakan penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu kekuatan untuk memperkuat posisi perusahaan. Sedangkan akuisisi merupakan pengambil-alihan (take over) sebagian atau keseluruhan saham perusahaan lain sehingga perusahaan pengakuisisi mempunyai hak kontrol atas perusahaan target. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbedaan pada kinerja operasional perusahaan yang melakukan aktivitas merger dan akuisisi yang telah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Penilaian kinerja keuangan dilakukan dengan menggunkan rasio-rasio keuangan, yaitu: Current Ratio (CR), Debt Ratio (DR), Total Asset Turn Over (TATO), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini menggunakan populasi dari semua persahaan yang melakukan merger dan akuisisi pada periode 2008-2014. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling . analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dengan metode statistik dengan menggunkan uji normalitas data, Paired Sample T Test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari pengujian Paired Sample T Test dan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan untuk semua rasio keuangan setelah merger dan akuisisi pada periode pengamatan dan pengujian. Kecuali untuk Current Ratio yang menunjukan perbedaan signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa merger dan akuisisi tidak memberikan perbedaan atau perbaikan yang signifikan pada perusahaan manufaktur.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18027

    Actions (login required)

    View Item