UDiNus Repository

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Semarang)

CANDRA, PEBRIANTI HERTIKA (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4000b) | Preview

    Abstract

    Sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting, karena pada era globalisasi dituntut untuk dapat menciptakan komitmen dan kinerja yang tinggi agar dapat berkembang. Lembaga pemerintahan harus mampu menigkatkan komitmen organisasional dan kinerja pegawai yang ada pada lembaga pemerintahan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalis dan membuktikan pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian dilakukan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 77 orang. Selain kuesioner data juga dikumpulkan melalui wawancara singkat. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling sensus. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai serta komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18054

    Actions (login required)

    View Item