UDiNus Repository

Optimalisasi Profitabilitas Melalui Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Non Performing Loan dan Cash Turnover (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014)

M, HARRY EDO (2016) Optimalisasi Profitabilitas Melalui Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio, Non Performing Loan dan Cash Turnover (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), dan Cash Turnover secara simultan terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, penelitian ini menguji secara empiris pengaruh CAR, LDR, NPL, dan Cash Turnover secara simultan terhadap profitabilitas bank (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penilitian ini ialah asosiatif kausal, yaitu penelitian ini mencari hubungan sebab akibat antara variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 25 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah jenis data cross section dari tahun 2009 sampai 2014. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukkan bahwa CAR memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,019 dan nilai signifikansi sebesar 0,419 sehingga CAR tidak berpengaruh terhadap ROA. NPL memiliki nilai koefisien regresi sebesar -0,063 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,100 sehingga NPL tidak berpengaruh terhadap ROA. Cash Turnover memiliki nilai koefisien regresi 0,025 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 sehingga Cash Turnover berpengaruh terhadap ROA. LDR memiliki nilai koefisien regresi 0,007 dan nilai signifikansi sebesar 0,399 sehingga LDR tidak berpengaruh terhadap ROA. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemampuan prediktif dari empat variabel independen tersebut adalah sebesar 0,087%. Hal ini berarti 8,7% variabel dependen yaitu Return On Asset (ROA) dapat dijelaskan oleh empat variabel independen yaitu CAR, Cash Turnover, NPL dan LDR. Sedangkan 91,3% dijelaskan oleh variabel atau sebab-sebab lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18063

    Actions (login required)

    View Item