DWI, SETIYOWATI (2016) Pengaruh Implementasi Dimensi Relationship Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pinjaman KUR Mikro BRI Cabang Unit Jekulo Kudus. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi dari dimensi relationship marketing yang terdiri dari social benefit (X1), kepercayaan (X2), komunikasi (X3) dan penanganan keluhan (X4) terhadap loyalitas nasabah KUR Mikro BRI Cabang Unit Jekulo Kudus. KUR Mikro BRI adalah kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafond sampai dengan Rp 25 juta per debitur Data penelitian ini diperoleh dari kuisoner dan wawancara langsung dengan kepala unit BRI Cabang Unit Jekulo Kudus. Ukuran sampel yang digunakan ialah 100 responden dengan purposive sampling dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel relationship marketing dengan dimensinya (social benefit, kepercayaan, komunikasi dan penanganan keluhan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah KUR Mikro BRI Cabang Unit Jekulo Kudus dengan signifikansi dibawah 0,05. Nilai Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,607 yang berarti dimensi relationship marketing berpengaruh sebesar 60,7% terhadap loyalitas nasabah sedangkan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Actions (login required)