UDiNus Repository

Analisis Penentuan Harga Pokok Beras dengan Menggunakan Metode Full Costing pada Usahatani Beras di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada Musim Panen Bulan Juli 2015

IDA, ZUHAIROH (2016) Analisis Penentuan Harga Pokok Beras dengan Menggunakan Metode Full Costing pada Usahatani Beras di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada Musim Panen Bulan Juli 2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Metode full costing penting digunakan karena memasukkan semua kompone-komponen biaya yang dikeluarkan dalam produksi. Metode full costing membantu dalam menentukan harga pokok yang benar dari suatu produk sehingga mengurangi ketidak pastian dalam menentukan harga jual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan harga beras yang ditetapkan oleh pemerintah dengan petani di kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dan untuk mengetahui tingkat kelayakan pendapatan pada usaha tani padi di Kecamatan undaan Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di Desa wates dan Desa Undaan Kidul pada musim panen bulan juli 2015. Sampel petani setiap desa diambil 5(lima) petani. Penelitian ini menggunakan data primer dan sakunder. Data primer diperoleh observasi dan wawancara langsung dengan petani di Desa Wates dan Desa Undaan Kidul sedangkan data sekunder diperoleh tidak secara langsung pada sumber datanya melainkan didapat dari sumber yang telah ada. Penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya rata-rata harga pokok beras di Kecamatan Undaan adalah Rp. 3.005. Berdasarkan kelurahan sampel penelitian harga pokok beras di Desa Wates lebih kecil dibandingkan dengan Desa Undaan Kidul karena biaya tenaga kerja di Desa Undaaan Kidul lebih tinggi. Berdasarkan perhitungan harga pokok di daerah sampel, besarnya harga pokok berada di bawah harga pokok pemerintah yang telah di tetapkan sebesar Rp 7.300. Jadi perhitungan laba dengan menggunakan metode full costing penetapan harga pokok pemerintah sudah layak bagi petani.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18073

    Actions (login required)

    View Item