UDiNus Repository

Perhitungan Harga Pokok Produksi sebagai Penentu Harga Jual dengan Full Costing Method Pada PT. Indonesia Selamat Sejahtera Semarang

ZUMALA, CANDRA EVA (2016) Perhitungan Harga Pokok Produksi sebagai Penentu Harga Jual dengan Full Costing Method Pada PT. Indonesia Selamat Sejahtera Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perhitungan harga pokok produksi pada suatu perusahaan harus dihitung dengan metode yang tepat karena harga pokok produksi merupakan dasar penentu harga jual. Kesalahan perhitungan yang terjadi dalam menentukan harga pokok produksi akan mengakibatkan harga jual tidak sesuai bisa jadi harga jual terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Penelitian ini dilakukan pada PT.Indonesia Selamat Sejahtera yang berlokasi di Jalan Taman Industri Bukit Semarang Baru Blok C1 no. 9 yang bergerak dalam usaha produksi kripik singkong. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa analisis dan data biaya produksi, sumber data berupa data primer yaitu melakukan wawancara dengan pemilik perusahaan yaitu bapak Immanuel Goenawan dan observasi. Serta data sekunder yang bersumber dari studi kepustakaan yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan penelitian perhitungan harga pokok produksi dan harga jual metode perusahaan dengan metode full costing menghasilkan perbedaan.dengan metode full costing dihasilakan biaya produksi Rp.1650/pack dan harga jual 1950/pack sedangkan pada metode perusahaan harga pokok produksi diperoleh 1600/pack dan harga jual Rp.1900/pack. Biaya produksi dan harga jual dengan metode full costing lebih tinggi karena pada perhitungan dengan metode full costing mengelompokan biaya lebih rinci, perbedaan terletak pada Biaya Overhead Pabrik yang memasukan biaya penyusutan kendaraan,mesin dan peralatan dan menggolongkan biaya bahan penolong lebih rinci.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18084

    Actions (login required)

    View Item