UDiNus Repository

Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian iPhone (studi pada Mahasiswa kota Semarang)

BONITA, RAHARDIYANTI (2016) Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian iPhone (studi pada Mahasiswa kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perusahaan-perusahaan handphone GSM saat ini banyak yang menawarkan produknya ke pasar, sehingga menimbulkan tingkat persaingan yang semakin ketat diantara perusahaan-perusahaan tersebut, seperti Nokia, BlackBerry, Samsung, LG, Motorola, iPhone, dan lain-lain. Seiring dengan berkembangnya teknologi, masyarakat mulai mengalami perubahan gaya hidup. HandPhone (HP) atau ponsel tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi masyarakat juga sudah memperhatikan fitur-fitur tambahan lainnya yang mulai terdapat pada ponsel tersebut untuk menunjang aktivitas harian. Selain itu, merek ponsel pun sudah menjadi pilihan gaya hidup masyarakat, merek yang lebih terkenal akan lebih diminati daripada merek lainnya. Salah satunya adalah ponsel dengan merek iPhone dari Apple Inc. yang sudah dikenal di pasaran dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian iPhone dengan variabel brand awareness, brand, associations, brand loyalty dan perceived quality. iPhone adalah sebutan perangkat ponsel yang diproduksi oleh Apple Inc. dan booming di pasaran hingga mempengaruhi lifestyle masyarakat dengan kualitas yang baik, performa dan kecanggihan perangkat ponsel tersebut yang selalu mengeluarkan inovasi tanpa meninggalkan ciri khas yang sangat melekat baik pada konsep, desain produk maupun fitur yang ada pada iPhone. Analisis yang difokuskan kepada mahasiswa ini menunjukkan bahwa brand equity berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian iPhone dengan kontribusi sebesar 84,4% dan sisanya sebesar 15,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah brand equity yang terdiri dari empat variabel, meliputi brand awareness, brand, associations, brand loyalty dan perceived quality ini memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian iPhone.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18094

    Actions (login required)

    View Item