UDiNus Repository

Analisis Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Menurut PSAK No. 23 pada Usaha Peternak Ayam Petelur Bayu Farm di Kabupaten Semarang

NOVELINA, YUNITA DEVI (2016) Analisis Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Menurut PSAK No. 23 pada Usaha Peternak Ayam Petelur Bayu Farm di Kabupaten Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3939b) | Preview

    Abstract

    Pendapatan merupakan salah satu akun terpenting bagi perusahaan karena pendapatan dapat mencerminkan kinerja dari sebuah perusahaan. Pendapatan perlu diakui dan diukur secara tepat karena akan memberikan informasi bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan. Selain diakui pendapatan perlu diukur dan dilaporkan serta disajikan secara tepat pada laporan keuangan. Sesuai dengan PSAK No.23 hal ini bisa diakui sebagai pengakuan pendapatan, dan metode penerapan accrual basis di Bayu Farm yaitu sistem akuntansi dimana pendapatan dicatat pada saat diperoleh dan terjadi walaupun kas belum masuk atau dibayar. Dengan menggunakan metode accrual basis selain memudahkan persediaan barang juga dimaksudkan bahwa dengan menerapkan metode tersebut semua transaksi penjualan yang terjadi akan di catat langsung oleh perusahaan. Pengukuran pendapatan pada Bayu Farm dilakukan dengan memandang nilai ukur dan jumlah uang yang disepakati harus dibayar oleh konsumen pada saat terjadinya transaksi. Di Perusahaan dagang, yang menjadi sorotan utama adalah pada laporan laba rugi perusahaan. Pada perusahaan dagang Bayu Farm memproduksi telur ayam merupakan produksi yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dibandingkan dengan produksi ternak lainnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18100

    Actions (login required)

    View Item