UDiNus Repository

Analisis Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Menurut PSAK No. 23 pada Usaha Penggemukan Sapi Potong ANWUSA di UPTD Pertanian Karangawen Demak

AULIA, LUNGIDTA MALTA (2016) Analisis Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan Menurut PSAK No. 23 pada Usaha Penggemukan Sapi Potong ANWUSA di UPTD Pertanian Karangawen Demak. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pengakuan perlu dilakukan pada saat yang tepat atas suatu kejadian ekonomi yang menghasilkan pendapatan, begitu juga jumlah yang diakui haruslah diukur secara tepat dan pasti agar tidak mengakibatkan kesalahan informasi yang disajikan dalam laporan laba rugi juga dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode pengakuan dan pengukuran pendapatan pada Anwusa Karangawen Demak telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No 23. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengakuan dan pengukuran pendapatan pada Anwusa Karangawen Demak telah mengacu dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 23. Dimana pengakuan pendapatan perusahaan menggunakan accrual basis yakni pendapatan diakui pada saat terjadinya transaksi penjualan barang oleh perusahaan. Sumber pendapatan yang diperoleh Anwusa Karangawen Demak berasal dari penjualan sapi hidup dan kegiatan non-operasional berasal dari pendapatan bunga Bank di setiap tahunnya. Pengukuran pendapatan menggunakan dasar pengukuran historis berdasarkan nilai wajar imbalan yang diterima atau yang akan diterima dalam bentuk kas dan setara kas dan pengukuran pendapatan perusahaan sudah diukur secara andal, terbukti dengan metode pencatatan yang dilakukan perusahaan yang sudah tersistem dalam pencatatannya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18102

    Actions (login required)

    View Item