UDiNus Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE PENGHITUNGAN ROA, ROE, dan EVA PADA PT. DASAPLAST NUSANTARA JEPARA TAHUN 2012, 2013, 2014

ELSA, CHRISTYANI YAN (2016) ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE PENGHITUNGAN ROA, ROE, dan EVA PADA PT. DASAPLAST NUSANTARA JEPARA TAHUN 2012, 2013, 2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pengukuran kinerja keuangan perusahaan dapat menggunakan rasio Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Economic Value Added (EVA). Dengan menggunakan ketiga metode ini, perusahaan dapat menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan nilai tambah atau tidak dan seberapa banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan serta untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara penerapan analisis rasio ROA, ROE, dan EVA selama periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Dasaplast Nusantara Jepara pada tahun 2012 - 2014 dengan menggunakan analisis rasio Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Economic Value Added (EVA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan perusahaan PT. Dasaplast Nusantara Jepara. Hasil yang diperoleh perusahaan berdasarkan perhitungan rasio ROA dan EVA menunjukkan hasil yang positif dan bernilai sehat walaupun cenderung turun, sedangkan pada rasio ROE yang didapatkan perusahaan terlihat kurang sehat walaupun menunjukkan hasil yang positif selama periode tahun 2012 – 2014. Hasil perbandingan antara ROA, ROE, dan EVA menunjukkan bahwa perusahaan mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena laba yang semakin menurun akibat tidak dilakukannya penjualan trading dan investasi untuk pembelian persediaan bahan baku sedangkan penjualan, total aktiva, dan total ekuitasnya semakin meningkat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18143

    Actions (login required)

    View Item