UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KEPUASAN PELANGGAN TAKSI KOSTI

MOCHAMAD, ILHAM RIZKI (2016) IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KEPUASAN PELANGGAN TAKSI KOSTI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3810b) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (842Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (163Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (159Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (334Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (310Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (141Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (139Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (190Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (425Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (199Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (163Kb) | Preview

                          Abstract

                          Banyak cara dilakukan oleh masing-masing perusahaan penyedia jasa, khususnya transportasi untuk memenangkan persaingan, antara lain dengan meningkatkan kepuasan pelanggan transportasi. Salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan pelangganya adalah Taksi KOSTI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan Taksi KOSTI dengan menggunakan teknik data mining dengan algoritma C4.5. Atrribut masukan kepuasan pelanggan dalam penelitian ini mencangkup harga, fasilitas, pelayanan dan loyalitas. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa hasil yang didapatkan berasal dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan konsumen puas dan tidak puas. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak KOSTI dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan laba perusahaan taksi KOSTI tersebut. Berdasarkan hasil klasifikasi menggunakan algoritma C4.5 menunjukkan bahwa diperoleh akurasi mencapai 88.01%, yang menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan taksi KOSTI.

                          Item Type: Article
                          Subjects: T Technology > Teknik Informatika
                          Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
                          Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                          Depositing User: Psi Udinus
                          Date Deposited: 22 Mar 2016 15:14
                          Last Modified: 22 Mar 2016 15:14
                          URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18187

                          Actions (login required)

                          View Item