UDiNus Repository

perancangan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika bagi anak kelas 2 SD

PRADITYA, HARISTA WAHYU (2016) perancangan game edukasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika bagi anak kelas 2 SD. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (158Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (176Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (89Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (46Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (52Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (5Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (4Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (273Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (255Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (86Kb) | Preview

                        Abstract

                        Indonesia merupakan negara yang setiap 5 tahun mengalami revisi kurikulum dan 10 tahun mengganti kurikulum lama. Kurikulum yang digunakan sekarang KTSP 2006. Menurut peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan Bab 1 Pasal 1 ayat (15) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan penyempurna dari kurikulum 2004 (KBK). KBK adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing masing satuan pendidikan atau sekolah. Dewasa ini, perkembangan ilmu matematika masih jauh tertinggal dari negara negara lain. Berdasarkan survei PISA yang dilakukan oleh OECD tahun 2009 yang menunjukkan bahwa standar mata pelajaran matematika di Indonesia adalah 375 sedangkan standar mata pelajaran matematika di dunia adalah 494. Data tersebut membuktikan bahwa rata rata mata pelajaran di Indonesia sangat lah kecil. Indonesia menduduki peringkat 64 dari 65 negara yang terdaftar oleh OECD. Oleh karena itu Indonesia sangatlah tertinggal dari negara-negara lainnya khususnya di Asia. Untuk mengurangi ketertinggalan maka dibuatlah perancangan game edukasi. Game edukasi bertujuan sebagai alat peraga atau media alternatif untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Pendekatan perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung kepada target audience untuk mengetahui permasalahan utama yang menjadi dasar mengapa anak cepat bosan ketika guru mengajarkan matematika. Dari hasil penelitian diperoleh alat peraga atau media aternatif berupa game edukasi berbasis android.

                        Item Type: Article
                        Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
                        Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                        Depositing User: Psi Udinus
                        Date Deposited: 22 Mar 2016 15:14
                        Last Modified: 22 Mar 2016 15:14
                        URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18199

                        Actions (login required)

                        View Item