UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT. BPR MITRA PATI MANDIRI

SONY, SETYAWAN (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT. BPR MITRA PATI MANDIRI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4014b) | Preview

    Abstract

    PT. Bank Perkreditan Rakyat Mitra Pati Mandiri merupakan lembaga keuangan yang lebih banyak bergerak di bidang keuangan mikro. Dalam usahanya, bank ini lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat di daerah Kabupaten Pati. Salah satu aktivitasnya adalah memberikan pinjaman. Banyak dari pemohon kredit sering mengeluhkan lamanya proses pengajuan kredit sampai didapatkan keputusan penerimaan atau penolakan. Hal ini disebabkan karena proses penilaian kelayakan kredit masih dilakukan secara manual. Sehingga tidak sedikit calon debitur yang kecewa dan kurang puas dengan pelayanan pemberian kredit. Dengan permasalahan tersebut maka, penulis berinisiatif untuk membuat suatu sistem yang dapat membantu pihak PT. BPR Mitra Pati Mandiri dalam menentukan debitur apakah layak menerima kredit atau tidak secara cepat. Metode yang akan digunakan pada pengambilan keputusan ini adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, dan dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi aternatif terbaik dari sejumlah alternatif terbaik. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dimulai dari analisa, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18270

    Actions (login required)

    View Item