UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 SEMARANG.

YUDHA, SURYATA (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Banyak siswa SMA, khususnya kelas X, yang masih bimbang dalam mengambil jurusan di sekolah mereka.Pemilihan jurusan pada SMA N 10 Semarang ini merupakan momen yang penting, karena apabila mereka salah dalam memilih jurusan, maka banyak waktu yang terbuang sia-sia yang dikarenakan salah dalam pemilihan jurusan. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap beberapa siswa, sebagian dari mereka mengakui bahwa mereka merasa salah memilih jurusan. Beberapa hal yang membuat mereka merasa salah memilih jurusan antara lain adalah, mutasi ke jurusan lain, susah mengikuti materi dari mata pelajaraninti suatu jurusan, dan ada yang terkena drop out. Tugas akhir ini, membuat sebuah sistem pendukung keputusan dengan metode Simple Additive Weighting yang bertujuan untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan yang akan mereka ambil. Pembuatan aplikasi ini telah melalui proses analisis terhadap beberapa penelitian yang pernah di lakukan oleh peneliti sebelumnya. Hasil analisis berupa beberapa kriteria pendukung yang dapat ditambahkan peneliti dalam kebutuhan pembuatan sistem ini.Aplikasi yang dibuat memberikan fitur-fitur antara lain, pencarian jurusan menggunakan beberapa filter, perbandingan antara jurusan satu dengan lainnya, perankingan nilai dan adanya informasi mengenai beberapa jurusan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18278

    Actions (login required)

    View Item