UDiNus Repository

IMPLEMENTASI TEKNIK PLAYFAIR DENGAN RSA UNTUK PENYEMBUNYIAN PESAN TEKS TERENKRIPSI PADA CITRA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END OF FILE (EOF)

KRISTI, RARYAINI (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK PLAYFAIR DENGAN RSA UNTUK PENYEMBUNYIAN PESAN TEKS TERENKRIPSI PADA CITRA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END OF FILE (EOF). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, yang memungkinkan semua orang dapat berkomunikasi secara jarak jauh melalui jaringan internet. Dimana pertukaran data dan informasi yang terjadi membuat orang dengan kepentingan tertentu dapat merusak isi dari pesan tersebut. Menjaga kerahasiaan dan keaslian isi dari sebuah pesan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan agar pesan tersebut tidak jatuh pada pihak yang salah. Dalam hal ini agar isi pesan terjaga keasliannya, maka diperlukan suatu algoritma dan metode untuk merahasiakan isi pesan tersebut. Algoritma maupun metode yang digunakan ialah algoritma kriptografi playfair dengan RSA untuk pengamanan pesan teks dan metode steganografi end of file untuk penyisipan pesan terenkripsi melalui media gambar sebagai inangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan algoritma kriptografi playfair dengan RSA dan metode steganografi end of file untuk menyembunyikan pesan agar tidak menimbulkan kecurigaan bagi pihak lain yang dapat merusak isi pesan tersebut. Aplikasi yang telah dibuat ini juga diharapkan dapat melakukan proses enkripsi, penyisipan, ekstraksi maupun dekripsi pesan kembali seperti semula. Hasil dari penelitian ini ialah citra yang telah disisipkan pesan yang terenkripsi tidak menimbulkan perubahan yang berarti/besar dibandingkan dengan citra aslinya. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18300

    Actions (login required)

    View Item