UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BEASISWA DENGAN MODEL FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) DI SMP NEGERI 01 BREBES

DEA, IMANDA PUTRA (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BEASISWA DENGAN MODEL FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) DI SMP NEGERI 01 BREBES. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat karena pendidikan merupakan upaya untuk memperbaiki taraf hidup manusia. Setiap masyarakat berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Namun, besarnya biaya pendidikan akan menjadi suatu hambatan bagi banyak masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Pemerintah memberikan bantuan pendidikan melalui beasiswa dan salah satunya program beasiswa yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) yang diselenggarakan oleh pihak SMP Negeri 01 Brebes. Beasiswa yang diberikan bermacam-macam jenisnya yaitu beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan berprestasi. Bantuan siswa miskin (BSM) merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa siswi yang kurang mampu secara ekonomi, sedangkan beasiswa berprestasi diberikan untuk siswa siswi yang berprestasi dalam hal nilai pelajaran, keterampilan, dan nilai kedisiplinan. SMP Negeri 01 Brebes dalam proses pemilihan beasiswa pada saat ini masih ditemukan ketidakadilan pada penerima beasiswa, hal ini disebabkan karena tidak ada spesifikasi khusus bagi calon penerima beasiswa, sehingga proses pengambilan keputusan beasiswa sering kali kurang tepat sasaran. Adapun tujuan dari penyusunan tugas akhir ini yaitu mengatasi adanya masalah pengambilan keputusan dalam menentukan pemilihan beasiswa di SMP Negeri 01 Brebes dan dapat menghasilkan suatu keputusan yang optimal. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Simple Additive Weight (SAW) untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Beasiswa. Penelitian dengan menggunakan metode Simple Additive Weight (SAW) untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Beasiswa di SMP Negeri 01 Brebes menunjukkan hasil yang baik, dan tepat sasaran.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18304

    Actions (login required)

    View Item