UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT KAPABILITAS DAN KESENJANGAN PADA SISTEM COMPLAINT HANDLING PT. TELKOM JATENG & DIY MENGGUNAKAN DOMAIN MEA01 COBIT 5

HAVIZ, SYABANA GILANG (2016) ANALISIS TINGKAT KAPABILITAS DAN KESENJANGAN PADA SISTEM COMPLAINT HANDLING PT. TELKOM JATENG & DIY MENGGUNAKAN DOMAIN MEA01 COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penanganan keluhan pegawai memiliki peranan penting dalam kegiatan di PT Telkom Jateng dan DIY. PT. Telkom mempunyai salah satu layanan manajemen teknologi informasi yaitu Complaint Handling atau yang biasa disebut Helpdesk Remedy. Complaint Handling berfungsi sebagai penanganan keluhan dari pegawai mengenai permasalahan layanan teknologi informasi. Para pegawai PT. Telkom dapat melaporkan permasalahan layanan teknologi informasi yang mereka punya melalui nomor telepon 1500472 atau melalui helpdesk.telkom.co.id. Untuk mengetahui apakah sistem informasi telah berjalan seperti yang diharapkan, maka perlu dilakukan analisis tatakelola teknologi informasi. Pada penelitian ini analisis tatakelola teknologi informasi berfokus pada domain monitoring, evaluate and assess (MEA01) framework COBIT 5. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan strategi perbaikan untuk proses pengawasan, evaluasi dan penilaian kinerja IT. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian dianalisis tingkat kapabilitas dan kesenjangan, diperoleh hasil sebesar 81,57% atau sebanding dengan 3,20 dengan status Largely Achieved. Tingkat kapabilitas yang didapat dari hasil penelitian adalah level 3 dengan status Largely Achieved. Dapat disimpulkan bahwa terdapat kesenjangan (gap) selisih nilai untuk dapat mencapai hasil maksimal. Untuk menaikkan tingkat kapabilitas pada level 4 maka perlu dilakukan secara bertahap strategi perbaikan pada level 1 hingga level 4.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18322

    Actions (login required)

    View Item