UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DOMAIN MANAGE BUSINESS PROCESS CONTROLS BERDASARKAN COBIT 5 GUNA MENGUKUR TINGKAT KAPABILITAS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SEMARANG

RETNO, WULANDARI (2016) IMPLEMENTASI DOMAIN MANAGE BUSINESS PROCESS CONTROLS BERDASARKAN COBIT 5 GUNA MENGUKUR TINGKAT KAPABILITAS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4073b) | Preview

    Abstract

    Permasalahan dalam Pengelolaan kontrol proses bisnis yaitu sistem yang belum terintegrasi, terjadi masalah pada proses penginputan data yang di ketahui berawal dari sumber daya manusia atau operator (human error), sehingga data tidak sesuai dengan data aslinya. Kurangnya data pendukung memperlambat proses verifikasi, dengan adanya kesalahan yang terjadi maka adanya penyesuaian yang bersifat penambahan, hal ini dinilai kurang efektif dan efisien. Dengan permasalahan tersebut akan dilakukan analisa berdasarkan domain deliver, support, service (DSS06) yang mengacu pada COBIT 5 untuk mengetahui level kapabilitas tata kelola dengan mengumpulkan informasi pendukung melalui studi dokumen, wawancara dan kuesioner. Setelah dilakukannya analisa tingkat kapabilitas maka diperoleh hasil sebesar 75,88 % atau sebanding dengan 2,82 dengan status Larger Achieved proses yang diterapkan terkait mengelola kontrol proses bisnis belum dikelola dengan baik. Untuk mencapai level kapabilitas 3, maka BKD Kota Semarang perlu startegi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:16
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:16
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18326

    Actions (login required)

    View Item