ROY, G. ALEXANDER (2016) ANALISIS ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOUR BERDASARKAN GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX UNTUK KLASIFIKASI AKTIVITAS PERMAINAN SEPAK BOLA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer saat ini di dunia. Sepak bola bisa dimainkan oleh semua umur, mulai dari anak - anak hingga dewasa baik pria maupun wanita. Pada sebuah pertandingan sepak bola seorang pemain harus mampu menguasai beberapa teknik untuk menunjang keterampilannya dalam bermain. Dengan teknologi yang semakin mendukung, berbagai teknik itu juga dapat dengan mudah untuk dipelajari oleh pemain maupun masyarakat awam dan dengan penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pemain ataupun masyarakat awam untuk mempelajari setiap teknik dalam permainan sepak bola tersebut. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik menendang bola, teknik menggiring bola dan teknik menyundul bola. Setiap teknik mempunyai citra tertentu dan didalam penelitian ini setiap citra akan dikelompokan sesuai dengan klasifikasi teknik yang ada. Dalam penelitian ini metode ekstraksi fitur yang digunakan adalah gray level co-occurrence dan metode klasifikasi menggunakan algoritma k-nearest neighbor. Hasil klasifikasi k-nearest neighbor berdasarkan dari hasil ekstraksi fitur gray level co-occurrence setiap citra teknik. Penelitian menggunakan 120 data citra dengan rincian 90 data citra merupakan data training (latih) dan 30 data citra sebagai data testing (uji). Penelitian juga menggunakan aplikasi matlab. Dari klasifikasi k-nearest neighbor penelitian menghasilkan akurasi sebesar 53,33%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 15:16 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 15:16 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18328 |
Actions (login required)
View Item |