UDiNus Repository

ANALISIS ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASI PENDUDUK KE DALAM STATUS TAHAPAN KELUARGA SEJAHTERA BERBASIS FORWARD SELECTION

BAYU, SETYAWAN (2016) ANALISIS ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASI PENDUDUK KE DALAM STATUS TAHAPAN KELUARGA SEJAHTERA BERBASIS FORWARD SELECTION. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Keluarga adalah salah satu kelompok atau kumpulan manusia yang hidup bersama sebagai satu kesatuan atau unit masyarakat terkecil dan biasanya selalu ada hubungan darah, ikatan perkawinan atau ikatan lainnya, tinggal bersama dalam satu rumah yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga. Dimensi kesejahteraan penduduk sangat luas dan sangat kompleks,sehingga tingkat kesejahteraan dapat di nilai dari berbagai indikator yang sudah terukur yakni di Desa Pesagi Kecamatan Kayen Kabupaten Pati yang disusun guna menggambarkan perkembangan tingkat kesejahteraan yang sudah dilakukan di desa tersebut. Ada 20 indikator untuk menentukan kesejahteraan penduduk. Ada 5 kategori untuk dijadikan target kesejahteraan yakni Keluarga Pra Sejahtera, KS I, KS II, KS III, KS III+. Program pemerintah yang pro rakyar akan meningkat ,contohnya raskin,jamkesmas,BLT dll. Pada penelitian kali ini menggunakan algoritma Naive Bayes dan selain mendapatkan nilai akurasi yang baik maka akan menambahkan Feature Selection untuk menentukan model atribut yang berpengaruh.Forward Selection berbasis Naive Bayes lebih akurat dan efektif dalam mengklasifikasikan keluarga sejahtera dengan data yang besar dengan hasil akurasi 99.50% dan termasuk dalam kategori “Kappa excellent”. Dibanding dengan menggunakan algoritma Naive Bayes saja dengan hasil akurasi hanya 99.23%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18336

    Actions (login required)

    View Item