UDiNus Repository

PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING KAMPUNG ANGGREK SODONG DI DESA WISATA SODONG-MIJEN-SEMARANG

SRI, RARASANTI DEWI (2016) PERANCANGAN ULANG VISUAL BRANDING KAMPUNG ANGGREK SODONG DI DESA WISATA SODONG-MIJEN-SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kampung Anggrek Sodong adalah salah satu desa wisata di Kota Semarang yang berfokus pada bidang agro pertanian khususnya bunga anggrek dan edukasi pertanian baik tradisonal maupun konvensional. Di tengah pertumbuhan dan persaingan desa wisata yang ada di Kota Semarang, dengan suguhan yang sama yaitu suasana alam pedesaan, membuat Kampung Anggrek perlu lebih dikenal oleh masyarakat. Dari sisi internal, Kampung Anggrek sudah memiliki logo atau identitas visual, tetapi dari sisi extrenal logo atau identitas tersebut dinilai belum kuat dan konsisten dalam pengaplikasian beberapa media promosi. Untuk itu agar bisa bersaing dengan para kompetitor Kampung Anggrek Sodong perlu melakukan perancangan ulang brand visual dalam bentuk logo atau identitas visual yang konsisten kepada masyarakat sehingga Kampung Anggrek Sodong lebih mudah di kenal oleh masyarakat luas. Perancangan ulang visual branding Kampung Anggrek Sodong dilakukan berdasarkan penelitian dengan pendekatan / metode kualitatif. Pembangunan strategi perancangan ulang visual branding Kampung Anggrek Sodong dilakukan dengan analisis SWOT. Strategi terpilih dari analisis SWOT adalah membuat ulang identitas Kampung Anggrek yang Konsisten agar mudah di kenali masyarakat dan membuat tampilan yang menarik dengan menyesuaikan warna yang menjadi ciri khas Kampung Anggrek. Setelah merancang ulang brand Kampung Anggrek Sodong maka perancang mengaplikasikan brand tersebut pada beberapa media seperti Stationary office, Packaging, Brosur, Merchaindise, Seragam, X-Banner dan Signage. Perancangan ini dilakukan dengan tujuan memperkenalkan kampung anggrek kepada masyarakat Semarang dan sekitarnya. Setelah terbentuknya identitas visual yang kuat dan konsisten, maka visual brand Kampung Anggrek Sodong kemudian menjadi sebuah image atau citra desa wisata yang banyak dikenal oleh masyarakat/wisatawan sehingga diharapkan akan meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke sana.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18354

    Actions (login required)

    View Item