UDiNus Repository

PERBANDINGAN KINERJA FRAGMENTASI TABEL SECARA VERTIKAL MENGGUNAKAN ALGORITMA BOND ENERGY DAN GRAPH BASED VERTICAL PARTITIONING

ERBA, LUTFINA (2016) PERBANDINGAN KINERJA FRAGMENTASI TABEL SECARA VERTIKAL MENGGUNAKAN ALGORITMA BOND ENERGY DAN GRAPH BASED VERTICAL PARTITIONING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4052b) | Preview

    Abstract

    Besarnya biaya akses data dan kecepatan akses pada suatu query sangat bergantung pada besarnya jumlah atribut. Hal tersebut dikarenakan fungsi query akan melakukan pencarian data dari berbagai atribut yang terdapat pada tabel database, sedangkan pada tabel yang diakses tidak semua atribut dibutuhkan. Untuk memisahkan atribut yang dibutuhkan dengan yang tidak, dapat dilakukan dengan menggunakan metode Fragmentasi Vertikal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memeriksa perbandingan tabel database yang difragmentasi vertikal menggunakan algoritma Bond Energy (BEA) dan algoritma Graph-Based Vertical Partitioning (GBVP) yang digunakan dalam pembentukan suatu Database Terdistribusi. Hasil perhitungan dari kedua algoritma akan menentukan atribut mana yang akan dipisahkan. Kemudian, hasil dari kedua algoritma dibandingkan dan dievaluasi menggunakan Partition Evaluator untuk menunjukkan besarnya biaya akses data yang digunakan, sehingga didapatkan suatu kesimpulan algoritma manakah yang lebih baik untuk digunakan. Berdasarkan hasil eksperimen, algoritma GBVP menunjukkan performa yang lebih baik dengan nilai Partition Evaluator yang lebih tinggi masing-masing sebesar 4,98; 10,41; 17,95; 4,64; dan 14,07 serta nilai waktu eksekusi yang lebih rendah masing-masing sebesar 0,003; 0,002; 0,002; 0,002; 0,003 dan 0,003.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18369

    Actions (login required)

    View Item