UDiNus Repository

PERBANDINGAN OPTIMASI QUERY DATABASE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIC DAN METODE HEURISTIC UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN PENGAKSESAN QUERY

SAFIRA, NURAISHA (2016) PERBANDINGAN OPTIMASI QUERY DATABASE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIC DAN METODE HEURISTIC UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN PENGAKSESAN QUERY. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3628b) | Preview

    Abstract

    Salah satu aspek yang mempengaruhi kecepatan akses data pada sebuah sistem adalah optimal atau tidaknya query yang diberikan. Optimasi query dilakukan pada database yang berukuran besar, memiliki banyak tabel dan record untuk meningkatkan kecepatan pengaksesan data. Langkah awal dalam pengoptimasian query yaitu merubah query ke bentuk ekspresi aljabar relasional, kemudian diubah lagi ke dalam bentuk cannonical form. Dari bentuk cannonical form akan didapat query plan berdasarkan metode yang digunakan untuk mengoptimasi query. Pada penelitian ini, digunakan dua metode untuk mengoptimasi query yaitu metode heuristic dan algoritma genetic. Penggunaan dua metode tersebut akan diuji dan dibandingkan hasilnya untuk mengetahui metode mana yang paling efektif untuk meningkatkan kecepatan pengaksesan query. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa metode heuristic memiliki performa yang baik dalam meningkatkan kecepatan akses query berdasarkan waktu akses yang dihasilkan yaitu 0.05315 second untuk metode heuristic dan 0.05548 second untuk metode genetic.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18372

    Actions (login required)

    View Item