UDiNus Repository

PENGENALAN ALFABET SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) DENGAN SPEEDED UP ROBUST FEATURES (SURF) DAN KONVERSI MENJADI SUARA

PANDU, MURTI HARRY (2016) PENGENALAN ALFABET SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) DENGAN SPEEDED UP ROBUST FEATURES (SURF) DAN KONVERSI MENJADI SUARA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3902b) | Preview

    Abstract

    Bahasa isyarat merupakan salah satu media komunikasi yang utama bagi masyarakat tunarungu dan tunawicara di seluruh dunia. Namun masih sedikit masyarakat yang mencoba belajar bahasa isyarat untuk berinteraksi dengan orang tunarungu. Hal ini menyebabkan terisolasinya orang-orang tunarungu dari mayoritas orang normal. Oleh karena itu dibutuhkannya sistem pengenalan dan konversi bahasa isyarat ke tulisan dan lisan untuk mewujudkan komunikasi yang baik antara orang tunarungu dan masyarakat pada umumnya. Ada tiga tahapan yang digunakan untuk merancang sistem ini, yaitu segmentasi warna kulis berbasis ruang warna YCbCr untuk mengelompokkan pixel-pixel warna kulit, penerapan algoritma SURF untuk mengenali pose tangan, dan eSpeak untuk mengkonversikan hasil pengenalan menjadi suara. Dari uji coba yang dilakukan, diperoleh hasil segmentasi warna kulit berdasarkan ruang warna YCbCr yang baik. SURF sebagai algoritma ekstraksi fitur dengan input citra tangan berukuran 160x120 pixel yang telah dihilangkan backgroundnya menghasilkan keypoint yang sedikit dan akurasi mencapai 48,96% .

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18378

    Actions (login required)

    View Item