UDiNus Repository

Perancangan Media Sosialisasi Buku Cerita Bergambar Berbentuk Pop Up untuk Kesehatan Mulut dan Gigi pada Anak-Anak Usia Pra Sekolah di Kota Semarang

HAIDI, SHABRINA (2016) Perancangan Media Sosialisasi Buku Cerita Bergambar Berbentuk Pop Up untuk Kesehatan Mulut dan Gigi pada Anak-Anak Usia Pra Sekolah di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3858b) | Preview

    Abstract

    Kesadaran untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi harus ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin. Walaupun urusan kesehatan mulut dan gigi ini nampak sepele, namun kesehatan mulut dan gigi juga berperan penting dalam pertumbuhan anak-anak. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak anak-anak yang belum mengerti pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Menurut data riset dari Riskesdas Provinsi Jawa Tengah tahun 2013, pada kelompok umur 1 hingga 4 tahun sebanyak 11,8% anak-anak mengalami masalah gigi dan mulut, 32,4% diantaranya menerima perawatan dari tenaga medis gigi. Melihat masih tingginya jumlah anak-anak yang mengalami masalah pada kesehatan mulut dan giginya, dibutuhkan sosialisasi mengenai kesehatan mulut dan gigi yang dapat menghibur sekaligus mengedukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi bagi anak-anak. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif, yaitu wawancara dan observasi langsung kepada guru, kepala sekolah, serta murid di TK Adhi Luhur Semarang dan TK Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Dengan menggunakan media buku cerita bergambar pop up diharapkan munculnya kesadaran anak-anak usia ora sekolah untuk menjaga keehatan mulut dan giginya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18400

    Actions (login required)

    View Item