UDiNus Repository

Perancangan Aplikasi Kamus Digital Bahasa Indonesia - Inggris Dan Inggris - Indonesia Yang Dilengkapi Fitur Text To Speech Berbasis Android

REZA, FIRDAUSI GAGAH (2016) Perancangan Aplikasi Kamus Digital Bahasa Indonesia - Inggris Dan Inggris - Indonesia Yang Dilengkapi Fitur Text To Speech Berbasis Android. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4075b) | Preview

    Abstract

    Masyarakat Indonesia khususnya di kota Semarang dalam mengartikan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia masih mengandalkan sebuah kamus. Masyarakat harus mencari satu per satu kata yang ingin diterjemahkan, sehingga hal ini cukup menyita waktu. Selain lamanya wahtu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan kata, terkadang masyarakat juga sering salah dalam mengucapkan kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris, hal ini dikarenakan antara text dan ucapan dalam Bahasa Inggris berbeda. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sebuah aplikasi penerjemah Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia yang disertai fitur text to speech yang dapat membacakan text secara otomatis dalam bentuk suara. Aplikasi ini akan diterapkan pada perangkat mobile berbasis sistem operasi Android yang kini sudah digunakan dan dapat memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Dalam melakukan analisa sistem baru ini, penulis menggunakan metode pengembangan sistem Prototype. Sedangkan untuk melakukan proses perancangan sistem penulis menggunakan alat bantu perancangan berupa diagram UML yang terdiri dari diagram activity, diagram usecase dan diagram sequence, serta dilakukan uji coba sistem dengan metode Black box. Dari analisa dan perancangan tersebut, dihasilkan sebuah aplikasi kamus digital Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris dan Bahasa Inggri - Bahasas Indonesia yang dilengkapi fitur text to speech berbasis android.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18415

    Actions (login required)

    View Item