UDiNus Repository

Implementasi Metode Weighted Product Dalam Menentukan Kelayakan Pemberian Pinjaman Pada Koperasi Asoka Jaya Kota Semarang

ELLY, MELISA (2016) Implementasi Metode Weighted Product Dalam Menentukan Kelayakan Pemberian Pinjaman Pada Koperasi Asoka Jaya Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3897b) | Preview

    Abstract

    Koperasi simpan pinjam merupakan suatu penghimpun dan penyalur dana yang berbentuk penyaluran pinjaman yang keutamaannya dari dan untuk anggota. Bentuk layanan pada koperasi simpan pinjam salah satunya adalah memberikan kredit. Dalam pemberian kredit seringkali ditemui resiko yang harus ditanggung oleh pihak koperasi, yaitu keterlambatan pembayaran angsuran atau bahkan kegagalan dalam pembayaran kredit. Masalah ini dikarenakan kurangnya keakuratan pihak pemberi kredit dalam penilaian terhadap kemampuan nasabah, sehingga mengakibatkan sering munculnya kemacetan kredit. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan penerapan metode weighted product untuk mengetahui apakah calon peminjam akan lancar atau tidak dalam pembayaran angsuran kredit. Dalam mengimplementasikan metode Weighted Product pada sistem ini digunakan sampel 30 nasabah pengajuan kredit dimana akan dilakukan perangkingan dengan 6 kriteria dengan bobot awal yang telah ditentukan. Pada hasil pengujian penelitian sistem dapat menunjukkan bahwa sistem tersebut dapat membantu menentukan kelayakan penerima pinjaman sejumlah 11 nasabah yang layak dan tidak berpotensi melakukan kredit macet yang telah ditentukan melalui perankingan dari jumlah tertinggi dengan menggunakan metode Weighted Product (WP).

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:17
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:17
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18437

    Actions (login required)

    View Item