FICKA, ASANTY (2016) EVALUASI PENGUKURAN KINERJA SISTEM MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD PADA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 4 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Dalam melaksanakan aktivitas PT. KAI harus mengalami peningkatan, namun perusahaan mengalami penurunan dan belum melakukan pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard, tetapi hanya menggunakan analisis laporan keuangan. Oleh karena itu untuk menentukan kinerja, perusahaan dapat menerapkan Balanced Scorecard sebagai alat ukur pengukuran kinerja, terdapat empat aspek yang diukur yaitu perspektif keuangan, perspektif konsumen, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Balanced Scorecard dan disimulasikan dengan bahasa pemrograman java. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan, Return On Investment tahun 2012-2014 hanya sebesar 16,25% sedangkan Profit Margin mengalami penurunan pada tahun 2014 hanya sebesar 35,95%. Kinerja dari perspektif pelanggan, untuk tingkat kepuasan pelanggan yang diperoleh dari penyebaran kuesioner sebesar 1668, sehingga dikategorikan bahwa pelanggan puas atas pelayanan yang diberikan. Pada perspektif proses bisnis internal diperoleh gambaran bahwa PT. KAI terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dan memberikan layanan purna jual kepada pelanggan. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa tingkat pelatihan karyawan mengalami peningkatan pada tahun 2014, namun rata-rata untuk setiap tahunnya hanya sebesar 26,07% sehingga dikategorikan masih kurang baik. Akan tetapi kepuasan karyawan menunjukkan sebesar 1735, dapat dikategorikan bahwa karyawan sangat puas. Maka kesimpulannya, pengukuran kinerja sistem dengan Balanced Scorecard pada PT. KAI masih belum baik.
Actions (login required)