UDiNus Repository

PENERAPAN E-VOTING BERBASIS WEBSITE PADA PEMILIHAN KETUA OSIS DENGAN SISTEM KEAMANAN BARCODE SCANNER DI SMK NEGERI I REMBANG

NOVIAN, WIYAKA DEA (2016) PENERAPAN E-VOTING BERBASIS WEBSITE PADA PEMILIHAN KETUA OSIS DENGAN SISTEM KEAMANAN BARCODE SCANNER DI SMK NEGERI I REMBANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Voting adalah kegiatan yang sangat menentukan pada pelaksanaan demo-krasi langsunng. Hal yang perlu diperhatikan adalah terjaminnya azas langsung, umum, bebas dan rahasia serta hasil penghitungan suara dapat berlangsung jujur, transparan, dapat diakses oleh publik. Di Indonesia voting dilakukan dengan cara konvensional. E-Voting adalah proses pemungutan suara yang memanfaatkan elektronik. Tujuan tugas akhir ini adalah mengembangkan sistem e-Voting untuk bisa diterapkan pada sekolah SMK 1 Negeri Rembang, dan bisa digunakan pada sekolah lain. Manfaat dari penelitian ini adalah efisiensi anggaran, waktu, hasil pemilihan yang sesuai dari pemilih, menghasilkan aplikasi dengan sistem website yang tepat, cepat, akurat dan transparan untuk e-voting, dan penerapan teknologi informasi. Dengan pengembangan sistem e-Voting berbasis website diimplemen-tasi dengan menerapkan barcode reader sebagai pemanggil data dan verifikasi calon pemilih dalam e-votting. Barcode atau kode batang atau kode palang merupakan suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Penggunaan awal kode batang adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan. Dalam pengembangan e-voting berbasis website dan dengan sistem keamanan barcode reader akan memanfaatkan beberapa hal terkait, antara lain Server-side Scripting sebagai teknologi Web Server. MySQL adalah software sistem manajemen basis data SQL (database management system). Unified Modelling Language (UML) adalah alat untuk memvisualisasikan dan mendokumentasikan hasil analisa dan desain yang berisi sintak dalam memodelkan sistem secara visual. Object Oriented Program (OOP) sebagai paradigma baru yang merupakan metodologi terbaik untuk merekayasa software yang didasarkan pada obyek dan kelas.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:18
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18489

    Actions (login required)

    View Item