UDiNus Repository

PERHITUNGAN MATURITY LEVEL PROSES PENDIDIKAN DAN PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER PADA CV. TANI MAKMUR SEJAHTERA DENGAN FRAMEWOK COBIT 4.1 UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN

PURWANTO, (2016) PERHITUNGAN MATURITY LEVEL PROSES PENDIDIKAN DAN PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER PADA CV. TANI MAKMUR SEJAHTERA DENGAN FRAMEWOK COBIT 4.1 UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4023b) | Preview

    Abstract

    CV. Tani Makmur Sejahtera telah lama berkecimpung pada bisnis pupuk dan berhubungan dengan BUMN pupuk yang senantiasa mengedepankan layanan berbasis TI. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta mengevaluasi proses pendidikan dan pelatihan operator komputer CV. Tani Makmur Sejahtera dengan menggunakan standar COBIT. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuisioner serta pemilihan responden disesuaikan berdasarkan struktur RACI Chart proses Educate and Train user. Kemudian data diolah untuk mendapatkan tingkat kematangan (Maturity Level) kondisi saat ini (As Is) dan kondisi yang diharapkan (To Be). Setelah itu, akan dilakukan analisa kesenjangan terhadap kedua kondisi untuk dijadikan dasar dalam menentukan strategi perbaikan Tata Kelola TIK Educate and Train user serta perbaikan akan secara bertahap menuju tingkat kematangan (maturity level) yang diharapkan (To Be) berdasarkan framework COBIT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tata Kelola TIK Educate and Train user berada pada level 2 (Berulang tapi Intuitif). Strategi perbaikan akan dilakukan secara bertahap dengan melakukan tindakan perbaikan yang disesuaikan dengan 6 (enam) atribut kematangan COBIT.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:18
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18491

    Actions (login required)

    View Item