UDiNus Repository

CONTENT BASED IMAGE RETRIVAL UNTUK PENGENALAN CITRA BATU MULIA MENGGUNAKAN FITUR TEKSTUR WARNA DAN FUNGSI JARAK EUCLEDIAN

ABDURRAHMAN, SALEH (2016) CONTENT BASED IMAGE RETRIVAL UNTUK PENGENALAN CITRA BATU MULIA MENGGUNAKAN FITUR TEKSTUR WARNA DAN FUNGSI JARAK EUCLEDIAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3916b) | Preview

    Abstract

    Batu mulia atau yang di kenal dengan batu permata adalah semua jenis batu-batuan yang memiliki nilai tinggi dan harganya mahal.. Bagaimana perkembangannya dan jenis apa saja yang membedakan batu mulia dari beberapa batu mulia lainnya yang masih belum banyak masyarakat Indonesia sendiri mengetahui. Penelitian ini menitik beratkan batu mulia yang memiliki warna yang hampir mirip. Banyak nya jenis batu yang ada di dalam negeri membuat orang awam tidak faham dengan jenis batu-batu tersebut jika hanya dengan kasat mata.. Diperlukan proses untuk pengolahan fitur ekstraksi yang baik agar menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi, untuk pengenalan citra batu mulia dengan menggunakan metode CBIR dengan fitur ekstraksi menggunakan metode stastistical histogram untuk mendapatkan mean, deviasi, skewness, energi, entropi, dan kehalusan kemudian melakukan perhitungan jarak menggunakan perhitungan jarak eucledian. Metode CBIR diterapkan pada penelitian ini untuk mengenali citra batu mulia dan menghasilkan akurasi sebesar 66,67 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:18
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18493

    Actions (login required)

    View Item