HANDY, BUDI WAHYU (2016) Perancangan Media Edukasi Berbahasa Inggris untuk Anak-Anak Umur 7-10 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Bahasa inggris pada era globalisasi menjadi kebutuhan paling penting sebagai penggunaan bahasa internasional, terlebih lagi untuk negara Indonesia yang bersaing dengan negara-negara tetangga untuk menghadapi MEA, persiapan dilakukan dengan melakukan pembelajaran bahasa inggris sejak dini, namun kendala yang sedang dihadapi adalah kebijakan pemerintah menghapus mata pelajaran bahasa inggris sebagai pelajaran wajib untuk kelas 1-3 sekolah dasar pada kurikulum 2013 sehingga mata pelajaran bahasa inggris menjadi pelajaran ekstrakurikuler / muatan lokal dan kendala masih ada kendala pada anak dalam mempelajari bahasa inggris terutama dalam hal pengucapan. Maka dari itu untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin pada jam pelajaran dan memudahkan dalam pembelajaran diperlukan merancang media edukasi dalam bentuk permainan kartu edukasi. Tujuan dari perancangan media edukasi ini adalah membuat anak termotivasi dan memudahkan dalam mempelajari bahasa inggris dengan aturan permainan sederhana. Metode pendekatan yang dilakukan untuk pengumpulan data ini adalah metode pengumpulan data kualitatif yaitu berupa wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Metode analisis data menggunakan analisis 5W+1H. Perancangan media edukasi berbahasa inggris ini diharapkan mendapatkan hasil yang sesuai dengan pengolahan data dan tujuan, selain meningkatkan minat anak untuk belajar bahasa inggris juga mengembangkan daya ingat, imajinasi, dan kognitif anak.
Actions (login required)