UDiNus Repository

PENERAPAN DATA MINING ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MEMBERIKAN REKOMENDASI BUKU DI PERPUSTAKAAN UDINUS

GHUFRON, (2016) PENERAPAN DATA MINING ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MEMBERIKAN REKOMENDASI BUKU DI PERPUSTAKAAN UDINUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3996b) | Preview

    Abstract

    Data transaksi yang terjadi pada perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro memiliki sejumlah data yang cukup besar di dalam suatu basis datanya. Dari sekumpulan data tersebut nantinya akan diolah menjadi suatu data mining dimana menghasilkan sebuah pengetahuan yang baru. Salah satu teknik di dalam data mining algoritma yang akan digunakan adalah algoritma FP-GROWTH untuk mengetahui keterkaitan dari transaksi buku yang terjadi sehari-hari. Yaitu dengan melihat ketertarikan buku yang dapat dijadikan sebagai sistem rekomendasi buku pada mahasiswa. Pola yang digunakan ditentukan oleh dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Algoritma FP-Growth dijadikan sebagai tolak ukur dalam menentukan himpunan data yang sering muncul (frequent item set ) dan menerapkan struktur data FP-Tree. Di dalam pengimplementasiannya digunakan SPMF yang nantinya dapat digunakan untuk menentukan pola pola yang akurat. Sebagai contoh terbentuk dari 3 frequensi pada item set jika meminjam buku Akuntansi maka meminjam buku Manajemen dengan nilai support= 60% dan confidence= 100% dan jika meminjam buku psikologi dan akuntansi maka meminjam buku manajemen dengan support=49% dan confidence=100%.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:18
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18723

    Actions (login required)

    View Item