UDiNus Repository

Analisis dan Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) Bidang Ketahanan Bangsa dengan Metode Training Resources and Data Exchange (TRADE) pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang

MUKHAROMA, PRIHANTO (2016) Analisis dan Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) Bidang Ketahanan Bangsa dengan Metode Training Resources and Data Exchange (TRADE) pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Informasi saat ini sangat penting untuk membantu sebuah instansi maupun perusahaan. Untuk itu penggunaan sistem informasi ditiap kalangan yang canggih dapat mempermudah pekerjaan suatu instansi atau perusahaan. Pengolahan data dan informasi dapat dihasilkan dengan mudah dikarenakan adanya sistem komputerisasi, selain itu juga dalam sistem pendataan barang daerah juga semakin modern pula, dari yang dahulu pendataan barang daerah menggunakan Microsoft Word maupun Excel sekarang di era modernisasi yang kian cepat dan canggihnya yaitu melalui Internet. Dalam laporan ini membahas tentang analisis kinerja sistem serta mengevalusi seberapa efektif sistem E-Simbada digunakan untuk pendataan barang. Pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan metode Trade dengan menghitung mulai dari tingkat (kesalahan data, kelengkapan data, kemudahan sistem dan kecepatan kinerja sistem) seperti hasil pada proses pendataan barang, interprestasi hasil pengamatan langsung dan responden aspek correctness (Kesalahan) data menunjukkan 90% dengan tingkat salah entri 10,74% ini menunjukkan aspek correctness belum sesuai standart, karena kinerja aktual kurang dari standart yang ditentukan yaitu 98% karena 90% < 98% pengukuran ini dapat menghasilkan evaluasi kinerja sistem dan membantu dalam memberikan rekomendasi usulan perbaikan yang tepat. Selain itu melakukan penelitian tingkat kepuasan dan penggunaan kinerja sistem melalui kuesioner dengan uji SPSS sebagai pengukurannya, dalam laporan ini tersedia rancangan pengukuran sistem dengan meggunakan visual basic 6.0 disertai dengan Black Box sebagai alur proses penggunaan sistem sudah dapat digunakan tiap menu yang ada sehingga membantu dalam menghitung kinerja sistem Simbada dan diharapkan nantinya akan memberikan manfaat dan mempermudah dalam pengukuran maupun kebutuhan lain untuk Simbada bagi pihak instansi terkait.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:18
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18741

    Actions (login required)

    View Item