UDiNus Repository

ANALISIS PROSES PERMINTAAN LAYANAN DAN INSIDEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (DSS02) DALAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA BPPT KOTA SEMARANG

BAGUS, SURANTO EDY (2016) ANALISIS PROSES PERMINTAAN LAYANAN DAN INSIDEN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (DSS02) DALAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PADA BPPT KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (532Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (19Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (102Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (49Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (56Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (71Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (57Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (16Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (340Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (142Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (78Kb) | Preview

                          Abstract

                          BPPT Kota Semarang merupakan sebuah badan pemerintahan Kota Semarang yang menyediakan pelayanan jasa terkait dengan perijinan. Dalam manajemen pengolahan data, BPPT Kota Semarang telah menggunakan teknologi informasi perijinan yaitu OSS BPPT untuk mendukung kegiatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pada OSS BPPT, kegiatan proses permintaan layanan dan insiden belum terdefinisi dalam sebuah Standard Operational Procedure (SOP) sehingga terjadi kurangnya pengawasan jika muncul bug error, gangguan pada software maupun jaringan. Untuk mengetahui apakah PTSP telah berjalan seperti yang diharapkan, maka perlu dilakukan analisis tatakelola teknologi informasi. Pada penelitian ini analisis tatakelola teknologi informasi berfokus pada proses permintaan layanan dan insiden teknologi informasi, yaitu domain DSS02 pada framework COBIT 5. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kapabilitas dan strategi perbaikan untuk proses permintaan layanan dan insiden TI. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian dianalisis guna menentukan tingkat kapabilitas. Tingkat kapabilitas yang didapat dari hasil penelitian yaitu berada level 2 (managed). Untuk menaikkan tingkat kapabilitas pada level 3 maka maka perlu dilakukan secara bertahap strategi perbaikan pada PA 2.1, PA 2.2, PA 3.1, dan 3.2.

                          Item Type: Article
                          Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                          Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                          Depositing User: Psi Udinus
                          Date Deposited: 22 Sep 2016 13:18
                          Last Modified: 22 Sep 2016 13:18
                          URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18743

                          Actions (login required)

                          View Item