UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA DJIKSTRA UNTUK MENENTUKAN JALUR TERPENDEK PADA APLIKASI DIGITAL WAYFINDING DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BERBASIS WEB

SEPTI, MAULINA (2016) PENERAPAN ALGORITMA DJIKSTRA UNTUK MENENTUKAN JALUR TERPENDEK PADA APLIKASI DIGITAL WAYFINDING DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BERBASIS WEB. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3971b) | Preview

    Abstract

    Peta digital yang digunakan pada beberapa situs dan aplikasi maps saat ini hanya menjangkau bagian luar bangunan. Bangunan publik membutuhkan wayfinding untuk menemukan jalur terpendek menuju suatu ruangan tertentu seperti Universtas Dian Nuswantoro Semarang. Hal ini dikarenakan Universitas Dian Nuswantoro memiliki enam fakultas dengan bangunan yang terpisah, sifat gedung yang terpisah memberi dampak ambiguitas dan kebingungan terhadap tamu Universitas Dian Nuswantoro dalam mencari ruangan tujuan berkaitan dengan keperluanya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk Menerapkan algoritma Djikstra untuk menentukan jalur terpendek dalam aplikasi Digital Wayfinding pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Membangun aplikasi Digital Wayfinding berbasis web untuk membantu tamu Universitas Dian Nuswantoro dalam menentukan jalur terpendek dari lokasi asal menuju lokasi tujuan menggunakan metode shortest path Djikstra. Maka dari itu dilakukan penelitian ini untuk membantu Universitas Dian Nuswantoro dalam membangun aplikasi Digitas Wayfinding guna menentukan jalur menuju suatu ruangan. Djikstra menemukan jalur terpendek dari beberapa alternatif yang ada yang nantinya dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan jalur terpendek dalan aplikasi Digital Wayfinding. Dan tools yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah pemrograman Ruby dan Javascript. Hasil dari penelitian ini sendiri berupa aplikasi Digital Wayfinding berbasis web.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:18
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18750

    Actions (login required)

    View Item