SANIS, RISMAWATI (2016) MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK PADA SWALAYAN NN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Banyaknya persaingan dalam usaha ritel, menuntut pihak Swalayan NN untuk memperbaiki strategi bisnis. Adanya masalah seperti kurang tepatnya penataan letak mengakibatkan sulitnya akses untuk menemukan produk dan pendapatan yang kurang optimal. Untuk mengoptimalkan pendapatan dan kemudahan akses produk, pihak swalayan memilih strategi bisnis yaitu melakukan perbaikan tata letak produk dan tata letak departemen. Perbaikan letak produk dilakukan dengan menganalisis pola belanja konsumen berdasarkan data transaksi pada database penjualan. Analisa pola belanja (Market Basket Analysis) pada penelitian ini menggunakan algoritma Apriori dengan minimal support 5% dan confidence 50%. Hasil dari penelitian ini berupa informasi mengenai rekomendasi tata letak produk dan rekomendasi tata letak departemen berdasarkan analysis data transaksi penjualan.
Actions (login required)