UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ALGORITMA ID3 DENGAN ALGORITMA C4.5 DALAM KLASIFIKASI LAMA WAKTU STUDI MAHASISWA PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG

ARGA, APRILIANTO (2016) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ALGORITMA ID3 DENGAN ALGORITMA C4.5 DALAM KLASIFIKASI LAMA WAKTU STUDI MAHASISWA PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perguruan tinggi sering dianggap sebagai jenjang pendidikan terakhir dalam memperoleh ilmu dan keahlian sebelum para pelajar bersaing memasuki dunia kerja. Agar dapat bersaing dalam eksistensinya, perguruan tinggi diwajibkan meningkatkan kinerja dalam melayani mahasiswa. Salah satunya dengan cara meningkatkan lama studi mahasiswa, sebab hal tersebut menjadi salah satu penilaian dalam akreditasi institusi perguruan tinggi seperti halnya pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Dengan demikian dibutuhkan sebuah analisa tentang lama studi mahasiswa agar dapat dengan mudah me-monitoring dan mengevaluasi terhadap peserta didik yang dapat lulus tepat waktu ataupun tidak dengan cara penerapan metode algoritma klasifikasi data mining. Algoritma yang digunakan adalah ID3 dan C4.5. dalam penelitian ini algoritma ID3 memiliki akurasi 77,75% dengan kurva AUC 0,831 sedangkan algoritma C4.5 memiliki akurasi 79,67% dengan kurva AUC 0,881. Dengan demikian algoritma C4.5 lebih tinggi tingkat akurasinya dalam mengklasifikasikan lama studi mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang dibandingkan dengan algoritma ID3. Namun kedua nilai kurva AUC yang dimiliki masih dalan range yang sama yakni 0,8 – 0,9 dengan predikat baik. Meski algoritma C4.5 memiliki nilai akurasi yang lebih baik namun selisih akurasi yang dimiliki tidak significant perlu diadakan perbandingan dengan algoritma klasifikasi data mining lainnya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:19
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:19
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18776

    Actions (login required)

    View Item