UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA E-KINERJA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (DSS05) MANAGE SECURITY SERVICES PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SEMARANG

DINA, LESTARI DWI (2016) ANALISIS TATA KELOLA E-KINERJA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (DSS05) MANAGE SECURITY SERVICES PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4052b) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terkait pelayanan BKD terhadap sistem E-Kinerja masih ditemukan adanya masalah mengenai jaminan keamanan yang diberikan yaitu tidak adanya SOP dan kurangnya pengawasan terkait layanan keamanan. Maka diperlukan sebuah kegiatan analisis tata kelola TI dengan pengukuran kinerja yang nantinya dapat menghasilkan temuan dan rekomendasi yang dapat digunakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang sebagai refrensi untuk meningkatkan pengelolaan TI terkait layanan keamanan informasi agar kedepannya dapat mendukung tujuan bisnis organisasi dengan baik. Dari hasil wawancara dan kuesioner berdasarkan COBIT 5 dihasilkan level kapabilitas tata kelola proses keamanan informasi E-Kinerja (DSS05) pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang saat ini adalah 2 yaitu Manage dengan status Largely Achieved sebesar 79,75% atau setara dengan nilai 2,79 dimana pengkomunikasian mengenai perencanaan dari performa proses layanan keamanan informasi masih belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Dan untuk mencapai level kapabilitas 3, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang dapat melakukan strategi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18830

    Actions (login required)

    View Item