UDiNus Repository

Implementasi Metode Klasifikasi Data Mining Dengan Algoritma Naive Bayes Untuk pengelompokan Kayu Jati Berdasarkan Ukuran Diameter kayu Pada Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perum Perhutani

IRAWAN, KUSUMA ADI (2016) Implementasi Metode Klasifikasi Data Mining Dengan Algoritma Naive Bayes Untuk pengelompokan Kayu Jati Berdasarkan Ukuran Diameter kayu Pada Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perum Perhutani. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kayu jati terkenal sebagai kayu komersial bermutu tinggi,termasuk dalam family Verbenaceae. Penyebaran alami meliputi negara Birma, India, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia jati terdapat di beberapa daerah seperti Jawa, Muna, Buton, Maluku dan Nusa Tenggara. Penyebaran terluas kayu jati di negara Indonesia terdapat di pulau Jawa yang dikelola oleh Perum Perhutani. Tempat Penimbunan Kayu (TPK) adalah sebuah kantor khusus dibidang pengumpulan kayu jati yang telah ditebang milik Perum Perhutani, dimana kayu jati hasil tebang dilakukan proses pendataan dan disimpan dalam kantor tersebut. Didalam pendataan kayu jati TPK Perum Perhutani masih menggunakan data dari Microsoft Excel yang disimpan kedalam file harian dan dimasukan ke folder bulanan. Hal tersebut menyebabkan masalah bagi pegawai TPK Perhutani untuk mengetahui dan mencari informasi data kayu pada saat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pengelompokan kayu jati dengan menggunakan ilmu data mining metode Klasifikasi Naive bayes agar kayu dapat dikelompokan menjadi 3 kelompok kayu jati berlabel A1, A2, dan A3 berdasarkan diameter yang telah ditentukan oleh Perum Perhutani. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemprograman PHP dan MySQL sebagai database. Dari penelitian ini didapatkan hasil pengujian kinerja sistem dengan nilai akurasi 94,44%, dengan nilai recall 95,36%, dan nilai presisi 94,44% dari 120 data training kayu jati.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18845

    Actions (login required)

    View Item