UDiNus Repository

Implementasi Data Mining Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Itemset Promosi Penjualan Pada Agung Swalayan

ROCHMAD, CAHYONO DWI (2016) Implementasi Data Mining Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Itemset Promosi Penjualan Pada Agung Swalayan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3917b) | Preview

    Abstract

    Agung Swalayan merupakan salah satu dari sekian banyak swalayan yang memiliki banyak sekali data transaksi penjualan yang tersimpan didalam suatu database, sehingga dari data transaksi tersebut dapat digunakan untuk menganalisis pola pembelian konsumen dengan menggunakan data mining. Apriori merupakan salah satu algoritma dari fungsi asosiasi yang mana masuk dalam prosedur Market Basket Analysis (Analisis Keranjang Pasar) pada data mining yang mampu menemukan pengetahuan baru berupa itemset yang dibeli oleh konsumen secara bersamaan dalam satu transaksi. Setiap pola memiliki 2 parameter utama yaitu nilai support (Pendukung) dan nilai confidece (kepercayaan). Sehingga dari parameter ini dapat ditemukan sebuah kaidah asosiasi dengan menggunakan algoritma apriori, dengan cara tidak lagi mengikutsertakan kandidat itemset yang tidak memenuhi nilai support. Implementasi data mining menggunakan RapidMiner membantu menemukan pola pembelian konsumen dengan akurat, diantaranya adalah jika membeli Sampo maka akan membeli Sabun Mandi dengan nilai suppport = 43.6% dan nilai confidence = 76.9%, jika membeli Deterjen maka akan membeli Sabun Mandi dengan nilai support 42.5% dan nilai confidence 79.3%, jika membeli Pasta Gigi maka akan membeli Sabun Mandi dengan nilai support 45.7% dan nilai confidence 79.8%. Dari pola pembelian yang ditemukan maka dapat digunakan untuk menentukan promosi penjualan berupa pemberian diskon untuk paket barang yang masuk dalam pola yang telah ditemukan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18848

    Actions (login required)

    View Item