UDiNus Repository

REKAYASA SISTEM PENGHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21 DENGAN METODE GROSS-UP PADA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA MENGGUNAKAN PROTOTYPING

LENI, NURJAYANTI (2016) REKAYASA SISTEM PENGHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN (PPh) PASAL 21 DENGAN METODE GROSS-UP PADA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA MENGGUNAKAN PROTOTYPING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pajak merupakan iuran wajib masyarakat kepada negara yang dapat dilaksanakan tanpa dapat kontraprestasi secara langsung, dan apabila ada dari masyarakat yang tidak melunasinya maka akan dikenakan sanksi oleh negara. Dalam pembiayaan rutin maupun pembiayaan pembangunan yaitu dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Negara (APBN) Pajak sangat diperlukan atau dibutuhkan. Untuk itu diperlukan pengelolaan pajak sesuai dengan kebijakan manajemen perusahaan. Maka dibutuhkan sistem yang menjamin tujuan perusahaan, salah satu sistem tersebut adalah Sistem Administrasi Pajak Penghasilan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembuatan sistem penghitungan pajak PPh Pasal 21 yang ada di Kantor Kecamatan Todanan Kabupaten Blora menggunakan metode gross-up dengan lampiran 1721 A2, (2) Pembuatan aplikasi dengan Microsoft Visual Basic 6.0 dan MySql sebagai databasenya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi penghitungan PPh Pasal 21 Pegawai Kantor Kecamatan Todanan Kabupaten Blora menggunakan Metode Gross-up untuk mempercepat kinerja pegawai bagian penggajian.Objek penelitian ini adalah Kantor Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi di Kantor Kecamatan Todanan Blora. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode Protoyping dengan tahap-tahap: (1) Mendengarkan Pelanggan, (2) Merancang dan Membuat Prototype, (3) Uji Coba, Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa rekayasa sistem penghitungan pajak PPh Pasal 21 di Kantor Kecamatan Todanan Kabupaten Blora memberikan kemudahan pada pengolahan data pajak dan dapat memberikan informasi yang akurat mengenai data perhitungan pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18851

    Actions (login required)

    View Item