UDiNus Repository

Media Pembelajaran Shalat Fardhu (Wajib) 5 Waktu Untuk Anak Usia Dini 5 - 7 Tahun Melalui Perancangan Game Edukasi

SETYANA, PRATIWI INTAN (2016) Media Pembelajaran Shalat Fardhu (Wajib) 5 Waktu Untuk Anak Usia Dini 5 - 7 Tahun Melalui Perancangan Game Edukasi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (782Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (182Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (111Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (104Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (108Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (138Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (109Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (577Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (441Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (291Kb) | Preview

                        Abstract

                        Shalat fardhu atau shalat wajib dilakukan dalam 5 waktu; subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya’, merupakan ibadah wajib bagi semua umat Islam di dunia. Ibadah ini perlu diajarkan kepada anak sejak dini, akan tetapi saat ini banyak anak belum memahami tuntunan shalat fardhu ini karena beberapa faktor seperti; tidak efektifnya pembelajaran materi shalat dalam mata pelajaran agama di sekolah. Perancangan permainan atau game ini dimaksudkan sebagai media alternatif yang dapat membantu anak-anak dalam menghafal gerakan dan bacaan shalat fardhu 5 waktu yang baik dan benar menurut syari’at Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kepada target audiens secara langsung untuk mengetahui permasalahan utama yang paling mendasar yaitu banyaknya anak yang tidak memahami gerakan shalat, urutan shalat serta tidak menghafal bacaan shalat. Serta angket yang ditujukan kepada target audiens sebagai acuan untuk pendekatan gaya visual. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan kerangka 5 W dan 1 H. Game dirancang untuk platform android yang banyak digunakan dalam smartphone dengan genre casual yang mudah dimainkan anak sehingga membantu mereka dalam memahami isi dari game tersebut.

                        Item Type: Article
                        Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
                        Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                        Depositing User: Psi Udinus
                        Date Deposited: 22 Sep 2016 13:20
                        Last Modified: 22 Sep 2016 13:20
                        URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18852

                        Actions (login required)

                        View Item